8 Manfaat Tomat, Menyehatkan Mata dan Melembabkan kulit

Tomat menjadi salah satu buah favorit yang disukai banyak orang. Kandungan air di dalamnya dapat menciptakan rasa segar, sehingga sangat cocok diolah menjadi jus. Manfaat tomat tidak hanya untuk menyegarkan saja, melainkan juga untuk kesehatan.

Tomat memiliki kandungan nutrisi cukup banyak, seperti air, energi kalori, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tak heran jika buah ini kerap dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Selain itu, manfaat tomat juga sangat bagus untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi kulit berminyak.

Wajah membutuhkan minyak agar selalu tampak lembab dan tidak kering. Namun, jika jumlah berlebih, maka dapat menimbulkan jerawat dan komedo.

Masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi tomat. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 9 Manfaat Bawang Merah, Menangkal Radikal Bebas & Cegah Obesitas

1. Mencegah penyakit kanker

(foto: istockphoto)

Kanker merupakan penyakit berbahaya dan mematikan. Dalam proses penyembuhannya, dibutuhkan cara pengobatan yang tidak mudah.

Bahkan, serangkaian pengobatan yang sudah dilakukan tidak menjamin penderitanya salah sembuh total.

Oleh karenanya, sebelum sel kanker menyerang tubuh, ada baiknya untuk melakukan pencegahan.

Caranya, dengan menerapkan pola hidup sehat dengan tidak mengonsumsi alkohol, rokok, serta rajin berolahraga.

Selain itu, kamu juga bisa mencegahnya dengan cara rutin mengonsumsi tomat. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Disamping itu, buah ini juga mengandung Beta karoten yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan tumor.

2. Melancarkan pencernaan

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: istockphoto)

Pencernaan atau yang kerap disebut dengan metabolisme adalah proses mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk dijadikan sebagai energi yang nantinya akan digunakan dalam beraktivitas.

Pencernaan tidak lancar, selain dapat menimbun sampah makanan di dalam tubuh dan menyebabkan penimbunan lemak, juga dapat menimbulkan sakit perut akibat sulitnya buang air besar.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga agar sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Untuk melancarkan pencernaan, sebaiknya mengonsumsi makanan mengandung tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, juga sangat penting untuk banyak minum air putih untuk membantu mendorong sisa-sisa metabolisme agar bisa keluar berupa kotoran melalui anus.

Kandungan serat di dalam tomat juga bisa membantumu melancarkan pencernaan, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

Sebaliknya, jika kamu mengalami diare, kamu masih diperbolehkan untuk mengonsumsi tomat, karena buah ini juga memiliki kandungan yang bisa mencegah diare.

3. Menjaga kesehatan mata

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: istockphoto)

Manfaat tomat juga bisa kita rasakan pada mata. Seperti yang kita tahu, bahwa mata merupakan organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Jika kesehatan mata tidak terjaga, maka akan timbul penyakit seperti katarak, mata rabun, silinder, dan lainnya.

Kandungan beta karoten yang terdapat di dalam buah ini, mampu melindungi dan menjaga mata agar tidak terkena bakteri yang dapat merusak fungsi mata.

Selain itu, ia juga memiliki kandungan likopen dan lutein yang mampu mencegah terjadinya katarak dan makula.

4. Menjaga kesehatan jantung

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: istockphoto)

Fungsi jantung bagi tubuh manusia adalah untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, wajib bagi kita untuk selalu menjaga kesehatannya agar tidak terserang penyakit berbahaya.

Selain berolahraga secara teratur, menjaga kesehatan jantung juga bisa dengan cara mengatur pola makan, yakni mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi buah tomat. Sebab, kandungan likopen dan beta karoten yang terdapat di dalamnya, dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu, likopen juga berperan aktif dalam menurunkan kadar kolesterol, dimana kita tahun bahwa tinggi kadar kolesterol dalam tubuh dapat mencoba penyakit jantung.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau, Baik untuk Ibu Hamil

5. Menjadi makanan aman saat diet

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: adobestock)

Ketika sedang diet, kita harus bisa menjaga dan mengatur pola makan dengan tidak mengonsumsi ma kanan berkalori tinggi secara berlebih.

Sebab, makanan dengan kandungan tinggi kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan.

Namun, terkadang saat diet kita selalu ingin makan makanan ringan, alias ngemil. Padahal, kebiasaan itulah yang menyebabkan badan semakin melebar.

Manfaat tomat ternyata juga dapat membantu proses diet. Ia bisa dijadikan sebagai cemilan sehat karena kandungan kalori di dalamnya sangat sedikit. Jadi, sangat aman jika dikonsumsi kapan saja.

Selain itu, tomat juga mengandung serat yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Sehingga, berat badan tidak akan mengalami kenaikan lagi.

6. Melembabkan kulit

Melembabkan kulit

(foto: adobestock)

Kulit wajah yang lembab merupakan salah satu tanda bahwa kulit wajahmu sehat. Oleh sebab itu, perlu menjaga dan merawat kulit agar terhindar dari masalah Kullit wajah kering yang dapat mengakibatkan pengelupasan, serta pecah-pecah.

Melembabkan kulit bisa dengan cara memanfaatkan tomat sebagai masker wajah yang aman digunakan setiap hari.

Masker tomat ini mengandung kalium tinggi yang berperan aktif dalam membantu melembabkan kulit wajah.

Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih sehat dan penampilan menjadi lebih sempurna.

7. Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini

(foto: adobestock)

Penuaan dini merupakan sebuah mimpi buruk bagi semua wanita. Pasalnya, kondisi tersebut dapat membuat wajah terlihat lebih tua, yang akhirnya dapat menurunkan rasa percaya diri.

Biasanya, penuaan dini diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kurang tidur, konsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan begadang, dan jarang berolahraga.

Manfaat tomat bisa membatu mencegah penuaan dini. Sebab, kandungan vitamin B yang terdapat di dalamnya, mampu menghambat dan memperlambat munculnya tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, hingga kerutan.

Caranya, pilih tomat yang masih segar. Kemudian, haluskan dengan cara ditumbuk maupun di blender.

Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah seperti sedang menggunakan masker. Tunggu hingga beberapa menit, sampai meresap dalam kulit. Lalu, bilas sampai bersih.

Gunakan masker tomat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

8. Mengatasi peradangan pada kulit wajah

peradangan pada kulit wajah

(foto: adobestock)

Kulit wajah juga memiliki resiko terkena peradangan. Kondisi tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor seperti alergi, penyakit autoimun, dan infeksi.

Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan dampak buruk bagi wajah, seperti rasa perih yang akhirnya membuat tidak nyaman.
Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa panas seperti terbakar, gatal, dan juga kemerahan.

Oleh karenanya, peradangan kulit wajah harus segera diatasi. Kamu bisa menggunakan tomat untuk mencegah peradangan.

Sebab, kandungan vitamin E, likopen, lutein, dan beta karoten yang terdapat di dalamnya, mampu mengantisipasi resiko penyebab peradangan pada kulit wajah.

Caranya, sama seperti mengatasi masalah kulit lainnya, yakni mejadikannya sebagai masker wajah yang digunakan secara rutin.

Akhir kata

Demikianlah, 8 manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Tomat aman untuk dikonsumsi, serta tidak memiliki efek samping yang berarti.

Akan tetapi, bagi kamu yang memilki masalah kesehatan seperti penyakit maag dan lambung, ada baiknya untuk membatasi konsumsi buah ini.

Sebab, terdapat kandungan asam di dalamnya sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita maag atau lambung, maka dapat memperburuk kondisi tubuh.