7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Contoh manfaat minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai bahan masakan.

Minyak ini kerap dijadikan sebagai pengganti minyak goreng ketika menumis. Alasannya, minyak zaitun dianggap lebih sehat karena mengandung kolesterol rendah.

Minyak zaitun merupakan ekstrak dari buah zaitun yang diolah menjadi minyak. Berdasarkan metode pengolahannya, minyak ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni minyak zaitun murni, minyak zaitun olahan, dan minyak zaitun pomace.

Ketiga jenis minyak tersebut memiliki fungsi dan manfaat berbeda. Contohnya, minyak zaitun murni memiliki tingkat kesehatan yang tinggi, sehingga sangat cocok jika digunakan dan menumis atau menambah rasa pada masakan.

Tidak hanya untuk memasak, rupanya ada banyak manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa didapatkan, diantaranya:

Baca juga: 9 Manfaat Push Up, Mengencangkan Otot hingga Payudara

1. Memudarkan bekas jerawat

foto: unsplash)

Terkadang, bekas jerawat lebih sulit dihilangkan daripada jerawat yang baru tumbuh. Akibatnya, muncul bekas jerawat seperti bopeng, bintik-bintik hitam, bahkan pori-pori membesar.

Hal tersebut tentu saja membuat sebagian penderitanya merasa stres. Sebab, bekas jerawat yang membandel bisa membuat penampilan terlihat kurang sempurna, apalagi ketika tidak menggunakan riasan wajah.

Manfaat minyak zaitun dapat memudarkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin dan antioksidan yang terdapat di dalamnya, mampu membantu sel kulit beregenerasi.

Caranya, oleskan minyak ini ke wajah. Kamu juga bisa menambahkannya dengan sedikit perasan air lemon.

Kemudian, pijat wajah secara lembut dan merata. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

2. Melembabkan wajah

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: unsplash)

Wajah lembab merupakan salah satu ciri kulit sehat. Dengan adanya kelembapan pada wajah, maka akan terhindar dari kulit kering yang akhirnya menyebabkan pecah-pecah dan mengelupas, sehingga wajah terlihat kusam dan tidak sehat.

Wajah lembab juga dapat menampilkan rona wajah alami, serta membuat tekstur wajah tetap elastis. Dengan demikian, wajah akan terlihat lebih segar dan cerah.

Untuk mendapatkan wajah yang lembab, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun di malam hari sebelum tidur. Hal tersebut bertujuan agar minyak ini benar-benar meresap sampai ke dasar kulit saat sedang tidur.

Kemudian, pagi hari setelah bangun tidur, cuci wajah sampai bersih. Kamu bisa merasakan hasilnya, yakni kulit wajah akan terasa lebih lembab, lembut, kenyal, dan segar.

3. Mencegah kanker kulit

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang juga sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Salah satu jenis penyakit kanker kulit yang paling berbahaya adalah melanoma. Dikatakan berbahaya karena tidak hanya menyerang kulit saja, melainkan juga organ lain jika tidak segera diobati.

Tanda-tanda kulit terserang melanoma adalah tumbuhnya tahi lalat baru yang kerap menimbulkan rasa gatal, bahkan pendarahan. Ia juga bisa muncul di bagian lain seperti mata dan kuku.

Jika tubuh terserang penyakit ini, maka akan timbul keluhan seperti penglihatan mulai kabur, dan juga warna kuku mulai menghitam tanpa sebab.

Untuk mencegah penyakit ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Sebab, sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak ini mampu mencegah melanoma karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya.

Caranya, oleskan minyak zaitun ke seluruh area kulit yang terkana paparan sinar matahari secara langsung.

4. Mencegah depresi

Mencegah depresi

(foto: istockphoto)

Depresi bisa datang kapan saja dan pada siapa saja. Biasanya, gangguan mental ini menyerang seseorang yang memiliki rasa cemas dan takut secara berlebihan.

Depresi mengakibatkan seseorang menjadi lebih pendiam, merasa putus asa, bahkan bisa berbuat nekat terhadap diri sendiri dan orang lain.

Oleh sebab itu, penyakit ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk.

Cara untuk mengatasi depresi adalah dengan pergi berlibur ke tempat yang membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Sehingga, rasa stres penyebab depresi akan hilang.

Tidak hanya itu, depresi juga bisa dihilangkan hanya dengan mengonsumsi minyak zaitun. Hal ini dikarenakan, kandungan minyak tersebut dapat melindungi saraf sehingga terhindar dari dari rasa cemas berlebihan.

Baca juga: 7 Gerakan Senam Irama, dari Marching hingga Lunge

5. Menurunkan resiko diabetes

Menurunkan resiko diabetes

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang suka mengonsumsi makanan dan minuman manis, sebaiknya dikurangi mulai hari ini.

Sebab, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, yakni timbulnya penyakit kadar gula darah tinggi alias diabetes.

Diabetes yang terus dibiarkan akan menjadi semakin parah dan menimbulkan dampak komplikasi atau penyakit lainnya yang juga sangat berbahaya.

Selain itu, penyakit ini juga bisa merusak jaringan kulit. Salah satunya, jika salah satu anggota tubuh khususnya kaki terluka, maka ia tidak akan sembuh dengan cepat.

Bahkan, akan terus merambat sehingga merusak jaringan dan harus diamputasi.

Oleh sebab itu, diabetes sebaiknya dicegah daripada nantinya menyesal karena harus melakukan serangkaian pengobatan yang memakan waktu cukup lama.

Untuk mencegah penyakit ini, selain mengurangi kebiasaan konsumsi makanan dan minuman manis, kamu juga bisa mengonsumsi minyak zaitun yang dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak ini jauh lebih ampuh mengurangi kadar gula darah dibanding dengan diet lemak.

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari, dapat mengurangi resiko diabetes sebanyak 13%.

6. Meningkatkan kualitas sperma

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Khusus kamu kaum pria yang memiliki masalah pada sperma, seperti sperma cair atau tidak sehat, kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun.

Sperma merupakan sel reproduksi pada pria yang sangat penting keberadaannya. Pasalnya, ia akan membuahi sel telur wanita yang akhirnya akan mengalami pembuahan dan tumbuhnya janin dalam rahim.

Terdapat jutaan sperma yang nantinya akan berenang menuju sel telur. Akan tetapi, tidak semuanya bisa bertahan hidup karena hanya sperma sehat dan kuat yang bisa meraih sel telur dengan mudah.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi pria untuk selalu menjaga kualitas sperma agar tetap sehat dan bisa membuahi sel telur dengan mudah. Manfaat minyak zaitun bisa kamu dapatkan untuk menyehatkan sperma.

Hal ini dikarenakan, sperma mengandung vitamin c yang cukup tinggi. Vitamin tersebut terbukti dapat melindungi membran sel sperma dari kerusakan, sehingga tetap sehat.

7. Mencegah kanker

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Kanker memang salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan cara menjaga pola hidup sehat dengan mengatur kandungan nutrisi makanan yang kita konsumsi dan rajin berolahraga.

Sel kanker bisa tumbuh dengan mudah dan mampu menyebar ke semua organ di dalam tubuh jika tidak segera ditangani. Akibatnya, organ tersebut mengalami disfungsi alias tidak berfungsi dengan baik.

Manfaat minyak zaitun dipercaya mampu membunuh sel kanker. Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk minyak zaitun murni saja.

Sebab, minyak ini mengandung komponen oleocanthal yang dipercaya mampu melawan dan membunuh sel kanker dengan cepat.

Selain itu, kandungan antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga bisa melawan sel kanker, seperti kanker payudara, melanoma, kanker hati, dan kanker usus besar.

Caranya, cukup mengonsumsi minyak zaitun murni sebanyak dua sendok makan setiap hari secara rutin. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari bahaya penyakit kanker.

Akhir kata

Demikianlah tujuh manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Pilihlah produk minyak zaitun yang memang memiliki kualitas terbaik agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.