8 Manfaat Jahe Merah, Menambah Stamina & Hilangkan Bau Mulut

Salah satu manfaat jahe merah adalah bisa menambah stamina. Hal ini dikarenkan, kandungan anti-inflamasi di dalamnya mampu meningkatkan aliran darah sehingga bisa mengalir dengan lancar.

Jahe merah merupakan salah satu famili Zingiberaceae yang kerap dikenal dengan sebutan jahe kunti. Warnanya yang merah menjadikan jahe ini berbeda dnegan jenis lainnya.

Selain itu, jahe ini memiliki rasa yang lebih pedas dengan aroma yang sangat tajam. Oleh sebab itu, ia hanya dijadikan sebagai ramuan herbal dan tidak untuk dijadikan bumbu masakan.

Lantas, apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan? Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

(foto: istockphoto)

Kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika kondisi tersebut terus berlanjut dan tidak segera diatasi, maka akan menimbulkan penyakit berbahaya lainnya, yakni penyakit jantung.

Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki peranan penting untuk memompa dara ke seluruh tubuh.

Jika ia mengalami masalah, maka aliran darah tidak akan lancar sehingga organ lainnya tidak dapat menerima pasokan darah dan oksigen. Akibatnya, tidak bisa berfungsi dengan baik.

Manfaat jahe merah bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Hal iini dikarenakan, terdapat kandungan asam alfa-linolenat yang berpotensi untuk mengurangi pembekuan darah, sehingga bisa mengalir dengan lancar.

Selain itu, senyawa tersebut juga membantu menjaga irama pemompaan jantung agar tetap normal. Dengan demikian, penyakit jantung dapat dicegah.

2. Membunuh bakteri dalam mulut

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto: pexels)

Ada banyak jenis bakteri yang bersarang di dalam mulu, salah satunya adalah Aggregatibacter actinomycetemcomitans.Bakteri tersebut bida menyebabkan penyakit, yakni periodontal.

Akibat dari penyakit tersebut adalah bau mulut yang tidak sedap. Tentu saja, aroma tersebut akan membuatmu merasa tidak percaya diri, terlebih lagi ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Oleh sebab, sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut dengan cara rajin menggosok gigi, dan periksa ke dokter gigi secara teratur.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan jahe merah untuk mengurangi bau mulut. Sebab, kandungan minyak atsiri di dalamnya diyakini mampu membunuh pertumbuhan jamur penyebab bau mulut.

Gunakan jahe ini sebagai obat kumur yang dilakukan setelah menggosok gigi, yakni dua kali dalam sehari.

3. Mencegah diabetes

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto: pexels)

Manfaat jahe merah yang tak kalah pentingnya adalah untuk mencegah penyakit gula, alias diabetes.

Penyakit ini merupakan penyakit keturunan dan juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Terlalu sering mengonsumsim makanan dan minuman manis dapat mengakibatkan lonjakan gula darah dalam tubuh.

Akibat kenaikan gula darah dalam jumlah besar, maka terjadilah penyakit diabetes.

Jika tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan berbagai penyakit lainnya, yang disebut dengan komplikasi.

Saat terjadi demikian, maka akan susah untuk diobati. Tak jarang, penderitanya mengalami kematian karena tidak mampu melawan penyakit mematikan tersebut.

Daripada mengobati, ada baiknya untuk mencegah agar tidak terserang penyakit diabetes. Selain dengan cara menerapkan pola hidup sehat, kamu juga bisa memanfaatkan ramuan jahe merah.

Pasalnya, kandungan 6-gingerol di dalamnya dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga diabetes dapat dicegah.

4. Membantu menurunkan berat badan

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto; pexels)

Memiliki berat badan berlebih, seklain dapat merusak penampilan, juga dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Jadi, jika ada orang yang menytakan bahwa gemukitu sehat, maka pernyataan tersebut sangat salah.

Hal ini dikarenakan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki berat badan yang sangat berlebih maka berpotensi terserang penyakit obesitas, diabetesm bahkan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga berat badan agar tetap stabil.

Cara yang terbilang ampuh dalam menurunkan berat badan adalah mengatur pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi ramuan herbal seperti jahe merah agar hasilnya lebih maksimal.

Manfaat jahe merah bisa menekan nafsu makan sehingga akan terjadi penurunan asupan kalori yang mana kita tahu bshwa berat badan berlebih diakibatkan oleh terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan ditekannya nafsu makan, maka kalori yng masuk akan berkurang sehingga berat badan tidak mengalami kenaikan.

Baca juga: 10 Manfaat Seledri, Menjaga Kesehatan Jantung dan Mata

5. Meredakan mual

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto: istockphoto)

Mual merupakan salah satu masalah pada perut yang membuat tidak nyaman. Biasanya, saat mual datang secara berlebih, maka akan diikuti oleh muntah yakni keluarnya sisa makanan dalam perut.

Rasa mual biasanya terjadi akibat beberapa faktor, misalnya seperti salah makan, mabuk kendaraan, kehamilan, dan lain sebagainya.

Jika tidak segera diatasi maka dapat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, perlu tindakan untuk menghilangkan rasa mual, yakni dengan cara mengonsumsi jahe merah.

Manfaat jahe merah rupanya mampu mengurangi rasa mual. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi satu hingga 1,5 gram jahe merah dapat mengurangi gejala mual secara signifikan.

6. Untuk menjaga kesuburan

Untuk menjaga kesuburan

(foto: adobestock)

Kesuburan pada pria dan wanita sangatlah penting untuk melancarkan proses reproduksi. pasalnya, kondisi subur dapat membantu proses pembuahan dengan cepat dan mudah.

Untuk meningkatkan kesuburan, kamu bisa mengonsumsi jahe merah. Kandungan arginin yang terdapat di dalamnya, dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium dengan cara membantu tubuh memproduksi nitrat oksida yang lebih banyak.

Hal tersebut juga didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa arginin yang terkandung di dalam jahe merah dapat meningkatkan kesburun dan kualitas sel telur pada wanita. Dengan demikian, pematangan sel telur dapat terjadi dalam waktu singkat.

7. Membantu meredakan nyeri saat haid

Membantu meredakan nyeri saat haid

(foto: adobestock)

Hampir setiap wanita mengalami nyeri perut saat sedang haid atau menstruasi. Hal tersebut lumrah terjadi karena pasokan oksigen ke rahim sangat sedikit.

Selain itu, rahim juga mengalami kontraksi sehingga rasa nyeri pada perut tidak dapat dihindari.

Rasa nyeri yang berlebih tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, nyeri tersebut harus seger diobati.

Manfaat jahe merah bisa mengurangi rasa nyeri ketika sedang haid. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan anti-infllamasi alami yang dipercaya cukup efektif dalam mengatasi rasa nyeri.

Kamu bisa mengolahnya menjadi ramuan herval dengan cara diseduh dengan air panas. Kemudian, minum secara rutin setiap hari sampai rasa nyeri tersebut hilang.

Walaupun masih belum ada penelitian lebih lanjut tentang manfaat jahe merah untuk meredakan nyeri haid, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Sebab, ia tidak memiliki efek samping yang berarti selama dikonsumsi dalam porsi cukup.

8. Meredakan batuk dan tenggorokan gatal

Meredakan batuk dan tenggorokan gatal

(foto: istockphoto)

Batuk bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Biasanya, batuk disertai dengan tenggorokan gatal yang tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman.

Manfaat jahe merah rupanya dapat membantu meredakan batuk dan tenggorokan gatal. Sebab, ia memiliki kandungan flavonoid yang ampuh mengatasi peradangan di tenggorokan.

Mengonsumsi jahe merah juga bisa memberikan rasa hangat, sehingga tenggorakan akan terasa lebih lega.

Dengan demikian, jahe ini tidak hanya untuk meredakan batuk namun juga dapat menyembuhkan gejala radang tenggorokan.

Akhir kata

Demikianlah 8 manfaat jahe merah yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan.

Jika mengonsumsi jahe ini terlalu banyak, maka dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut, mulai, kembung, dan diare.