9 Manfaat Daun Bidara, Tumbuhan Surga yang Disebut dalam Al-Qur’an

Manfaat daun bidara seringkali dikaitkan dengan hal mistis, misalnya sebagai penangkal sihir dan juga pengusir jin yang akan masuk ke dalam tubuh manusia.

Namun, apakah kamu pernah mendengar tentang daun ini? Daun bidara merupakan tanaman herbal berukuran kecil yang bisa tumbuh di daerah kering.

Tanaman ini tumbuh subur di Indonesia, sehingga tak jarang orang menggunakannya sebagai ramuan herbal.

Selain bermanfaat dalam hal spritual, daun bidara juga memiliki ragam khasiat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat daun bidara juga tertuang dalam kitab suci Al Qur’an sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Daun bidara memiliki kandungan polifenol, saponin, siklopeptida alkaloid, vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak tak jenuh.

Kandungan tersebut membuat daun ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, bahkan kecantikan. Apa saja manfaat tersebut?

Baca juga: 8 Manfaat Tomat, Menyehatkan Mata dan Melembabkan kulit

1. Membantu melancarkan menstruasi

(foto: istockphoto)

Wanita mengalami haid alias datang bulan yang ditandai dengan keluarnya darah dari kemaluan akibat peluruhan dinding rahim. Normalnya, siklus haid terjadi satu kali dalam satu bulan dengan waktu 6 hingga 8 hari.

Jika haid datang setiap satu bulan sekali, maka dianggap normal dan tidak memiliki masalah yang berarti. Namun, jika haid tak kunjung datang alias tidak teratur, maka itu bukanlah hal yang wajar.

Ditakutkan, terjadi masalah pada rahim, misalnya PCOS yakni penyakit hormon yang ditandai dengan haid tidak lancar.

Biasanya, wanita yang mengidap penyakit ini akan mengalami kesulitan untuk hamil, sebab sel telur tidak berkembang dengan baik.

Akan tetapi, ada juga haid tidak teratur akibat faktor stres ataupun kecapean. Dengan demikian, masih bisa diatasi.

Salah satu cara untuk mengatasi haid tidak lancar adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal daun bidara yang terbukti ampuh mengatasi haid tidak lancar.

Tidak hanya itu, manfaat lain dari daun ini adalah sebagai antiseptik yang dapat membantu membersihkan area kewanitaan, sehingga terbebas dari bau tidak sedap dan juga keputihan yang abnormal.

2. Obat herbal untuk diabetes

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: istockphoto)

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Dikatakan sebagai penyakit berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi, yakni munculnya penyakit lain jika tidak segera diobati.

Manfaat daun bidara bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil beberapa lembar daun bidara. Cuci bersih, kemudian rebus menggunakan air panas.

Air rebusan dari daun tersebut jika diminum secara rutin dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

3. Meningkatkan kualitas tidur

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: istockphoto)

Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur selama 6 hingga 8 jam sehari untuk memulihkan energi yang habis terkuras saat melakukan aktivitas di siang hari.

Akan tetapi, tidak sedikit juga yang masih mengalami sulit tidur akibat beberapa faktor. Akibatnya, kualitas tidur menjadi tidak baik sehingga dapat memicu resiko penyakit lainnya.

Kandungan senyawa aktif flavonoid yang terdapat di dalam daun bidara ternyata dapat mengatasi masalah sulit tidur seperti insomnia.

Hal tersebut dikarenakan, senyawa tersebut memiliki peran penting yakni memberikan efek tenang pada tubuh dan pikiran, sehingga bisa tertidur lebih cepat.

Dengan demikian, kualitas atau pola tidur akan menjadi lebih bagus, sehingga tubuh bisa mengisi energi kembali dan siap untuk digunakan keesokan harinya.

4. Mengobati penyakit lambung

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Penyakit lambung merupakan kondisi dimana asam lambung dan empedu mengalir ke seluruh makanan, sehingga menyebabkan terjadinya iritasi.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan sensasi rasa panas dan terbakar di dalam dada, sulit bernapas, nyeri pada perut hingga ulu hati, serta rasa mudah lapar dan mudah kenyang.

Penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur alias sering telat makan. Akibatnya, lambung tidak terisi padahal ia harus bekerja terus menerus dalam menggiling makanan.

Untuk mengobati penyakit lambung, kamu bisa mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari daun bidara.

Ramuan tersebut diyakini bisa mengobati rasa nyeri pada perut, bahkan mampu menyembuhkan tukak lambung.

5. Bisa mengurangi jerawat

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Daun bidara mengandung anti-inflasi dan antibakteri yang sangat bagus dan mengurangi masalah kulit wajah, terutama jerawat membandel.

Seperti yang kita tahu bahwa jerawat merupakan masalah kulit yang kerap membuat penderitanya merasa stres karena membuat penampilan kurang sempurna.

Untuk mendapatkan manfaat daun bidara dalam melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah.

Caranya, ambil beberapa lembar daun Bidara. Tumbuk sampai halus, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga membentuk seperti pasta.

Oleskan ke seluruh wajah seperti kamu saat sedang menggunakan masker. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Baca juga: 9 Manfaat Bawang Merah, Menangkal Radikal Bebas & Cegah Obesitas

6. Menjaga berat badan tetap ideal

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Berat badan ideal tentu saja menjadi dambaan hampir semua wanita. Pasalnya, dengan berat badan yang stabil, maka bentuk tubuh akan terlihat bagus.

Sehingga, membuat penampilan menjadi lebih sempurna dan rasa percaya diri semakin meningkat.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, tentu membutuhkan usaha yang tidak mudah. Kamu harus diet dengan cara menjaga pola makan dan olahraga secara teratur.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi ramuan daun bidara yang ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan, efek rasa kenyang yang ditimbulkan setelah mengonsumsi daun tersebut dapat menekan rasa lapar.

7. Obat alami untuk merawat rambut

Obat alami untuk merawat rambut

(foto: pexels)

Rambut merupakan mahkota seorang wanita yang membuat penampilan semakin sempurna. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga dan merawat rambut agar tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut.

Manfaat daun bidara ternyata dapat dijadikan sebagai obat alami untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Sehingga, rambut menjadi lebih subur, kuat, serta tehindar dari kerusakan dan rambut rontok.

Caranya, rebus beberapa lembar daun bidara. Kemudian, jadikan air rebusan tersebut sebagai hair tonic alias vitamin rambut yang digunakan secara rutin setiap sehabis keramas.

8. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Membantu mempercepat penyembuhan luka

(foto: istockphoto)

Kandungan zat anti-inflamasi dan antibakteri yang terdapat di dalam daun bidara, selain dapat menekan pertumbuhan jerawat, rupanya juga ampuh dalam mempercepat penyembuhan luka dan regenerasi kulit.

Contih luka yang bsa disembuhkan dengan cepat dan mudah oleh daun bidara adalah seperti luka sayatan, luka bakar, lecet, goresan, dan menghilangkan bekas luka.

Caranya, haluskan beberapa lembar daun bidara hingga memiliki tekstur seperti pasta. Kemudian, oleskan pada area luka dan tunggu hingga kering.

Kamu juga bisa membungkusnya dengan kain kasa atau membiarkannya tetap terbuka.

9. Mencegah depresi

Mencegah depresi

(foto: istockphoto)

Depresi merupakan gangguan psikis yang disebabkan oleh kecemasan dan kekhawatiran secara berlebihan. Akibatnya, timbul rasa sedih yang terlalu berlebihan dan terjadi secara berkelanjutan.

Jika tidak diatasi, maka dapat menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Untuk mengatasi depresi, kamu bisa mengonsumsi daun bidara.

Pasalnya, kandungan di dalam daun tersebut diyakini mampu memberikan efek tenang dan nyaman pada tubuh sehingga rasa cemas dan khawatir berkurang secara signifikan.

Akhir kata

Demikianlah, 9 manfaat daun bidara yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tips mengonsumsi daun herbal ini agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal, yaitu sesuaikanlah dengan usia, berat badan, serta riwayat kesehatan.