Ini 6 Manfaat Bunga Tapak Dara, Bisa Atasi Kanker

Apakah kamu mengetahui tentang bunga tapak dara? Mungkin kamu menyangka bunga yang cantik ini hanya sebagai tanaman hias biasa, padahal fungsinya lebih dari itu lho.

Tanaman ini bisa dengan mudah kamu temukan, selain itu untuk membudidayakannya juga terbilang mudah.

Tanaman dengan bunga berwarna pink, putih, merah dan bahkan ungu ini mudah mekar dan bisa tumbuh dengan cukup cepat.

Bunga tapak dara bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit tertentu, bahkan penyakit kanker sekalipun. Apa saja ya manfaatnya?

Baca juga: Apa Itu BB Cream, Foundation, Concealer, dan CC Cream? Apa Bedanya

1. Penyakit kanker

(foto: pixabay/pdpics)

Manfaat dari bunga tapak dara yang pertama adalah bisa mengatasi penyakit kanker. Beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker darah dan lainnya memang memanfaatkan ekstrak tapak dara.

Vinblastin sendiri dapat diekstrak dari tanaman tapak dara yang berwarna merah muda. Bahkan penelitian menunjukan, obat ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan.

Namun, meskipun menjadi salah satu obat kanker yang banyak digunakan tetap harus dibarengi dengan pengobatan medis dan juga terapi ya.

2. Diabetes

Bisa Atasi Kanker! Ternyata ini Berbagai Manfaat Bunga Tapak Dara

(foto: unsplash/kateredfern)

Tahukah kamu ternyata diabetes bisa menyerang siapa saja lho, baik itu pria ataupun wanita. Bahkan seseorang yang masih muda pun bisa terkena penyakit diabetes ini.

Nah, untuk penderita diabetes maka bisa memanfaatkan bunga tapak dara. Air rebusannya mampu menurunkan kadar gula, jika diminum secara rutin.

3. Percepat penyembuhan luka

Bisa Atasi Kanker! Ternyata ini Berbagai Manfaat Bunga Tapak Dara

(foto: unsplash/dianapole)

Luka di kulit memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa di duga sebelumnya. Luka pun bisa akibat dari terkena benda tajam, kecelakaan dan lain sebagainya.

Jika dibiarkan saja tentu luka akan sangat rentan terinfeksi. Saat ada luka terbuka di tubuhmu, cobalah untuk mencari bunga tapak dara.

Bunga ini mengandung ekstrak etanol yang sangat berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

Baca juga: Mengenal Istilah Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak Manusia

4. Batuk dan pilek

Bisa Atasi Kanker! Ternyata ini Berbagai Manfaat Bunga Tapak Dara

(foto: pixabay/silviarita)

Batuk dan pilek memang menjadi salah satu penyakit yang paling sering terjadi. Seseorang dengan imun tubuh lemah sangat mudah terserang batuk dan pilek.

Saat kamu menderita batuk dan pilek, cobalah ambil beberapa lembar daun dan bunga tapak dara. Lalu keringkan dan kamu bisa meminumnya sebagai teh.

5. Iritasi mata

Iritasi mata

(foto: unsplash/amandadalbjorn)

Debu, mengucek mata dengan tangan kotor, bakteri dan kuman yang masuk ke mata bisa menyebabkan iritasi.

Mata yang teriritasi bisa ditandai dengan mata merah, gatal dan berair. Tentunya iritasi mata ini sangat mengganggu ya, apalagi mata berperan sangat penting.

Untuk mengatasi iritasi mata, kamu bisa mengoleskan bunga tapak dara dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

6. Kolesterol

Kolesterol

(foto: unsplash/giuliabertelli)

Makanan yang kurang sehat memang rasanya sangat nikmat. Tapi sayang, jika kamu mengonsumsinya berlebihan maka kolesterol pun akan tinggi.

Turunkan kolesterol jahat di tubuhmu dengan daun dan bunga tapak dara yang memang mengandung flavonoid untuk membuat kolesterol dalam tubuh lebih seimbang.

Meskipun ada banyak manfaat yang bisa kamu temukan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara langsung ya seperti menelan bunga, daun atau bagian lainnya.

Karena jika kamu mengonsumsi secara langsung akan membuat kamu mengalami gangguan kesehatan seperti rasa tidak nyaman pada perut, mual, muntah, dan yang lebih parahnya lagi adalah terjadinya gangguan di usus.

Itulah berbagai manfaat bunga tapak dara untuk kesehatan. Bunga ini bisa kamu tanam di rumah sebagai obat herbal.

Konsumsilah bunga ini dengan tepat agar kamu bisa merasakan manfaatnya, selamat mencoba!