3 Fungsi Mulut dan Bagian-bagian Penting di dalamnya

Manusia memiliki lima panca Indra dengan masing-masing fungsi yang berbeda, salah satunya adalah mulut.

Mulut adalah bagian tubuh manusia berbentuk lubang atau rongga yang dijadikan sebagai tempat masuknya makanan dan minuman.

Secara umum, mulut berfungsi untuk mencerna makanan. Akan tetapi, ternyata fungsi organ ini tidak hanya itu saja.

Terdapat beberapa fungsi lain dan juga bagian-bagian dari organ tersebut seperti bibir, gusi, gigi, kelenjar ludah, lidah, serta rongga mulut yang memiliki peran sama penting bagi manusia.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Kelor, Enak Dimasak & Baik untuk Tubuh

Fungsi mulut dalam pernapasan

(foto: adobestock)

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Pada saat bernapas, terdapat beberapa organ penting yang terlibat di dalamnya, seperti hidung, saluran pernapasan, dan paru-paru.

Lantas, apakah mulut juga terlibat dalam sistem pernapasan? Mengingat, organ pertama yang digunakan untuk bernapas adalah hidung.. Tentu saja, jawabannya adalah bisa.

Ada waktu tertentu dimana manusia tidak bisa menggunakan hidung dalam menghirup udara atau oksigen, salah satu contohnya adalah ketika sedang flu.

Seperti yang kita tahu bahwa, saat tubuh mengalami flu maka akan mengeluarkan cairan lendir yang disebut dengan ingus dalam jumlah yang banyak.

Banyaknya lendir ingus yang keluar terkadang membuat hidung menjadi tersumbat. Kondisi tersebut tentu saja membuat kita kesulitan bernapas dan menghirup oksigen melalui hidung.

Oleh sebab itu, mulut menjadi penolong utama yang bisa menggantikan peran hidung. Bernapas melalui mulut disebut dengan pernapasan pendek karena tidak melalui tahap penyaringan, serta pengaturan suhu terlebih dahulu, sehingga udara langsung masuk ke dalam paru-paru.

Namun, proses pernapasan tersebut memiliki kelebihan yakni udara yang masuk berjumlah lebih banyak, dan juga bisa langsung masuk ke dalam paru-paru lebih cepat dibanding proses bernapas melalui hidung.

Fungsi mulut sebagai sistem pencernaan

Mengenal Fungsi Mulut serta bagian-bagian Penting di dalamnya

(foto: adobestock)

Manusia bisa bertahan hidup dengan cara makan dan minum. Tentu saja, semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus melalui proses pencernaan terlebih dahulu.

Tujuannya, agar makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa diolah menjadi nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Terdapat beberapa bagian organ penting dalam sistem pencernaan, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.

Organ awal atau utama dalam proses pencernaan adalah mulut. Di dalam organ tersebut, kita bisa mengunyah dan menghaluskan makanan yang kita makan.

Terdapat dua jenis proses pencernaan dalam mulut, yakni pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Saat kita mengunyah dan menghaluskan makanan, itu disebut sebagai pencernaan mekanik.

Sementara, yang dimaksud dengan pencernaan kimiawi adalah ketika makanan yang telah dikunyah, kemudian kelenjar ludah menambahkan enzim ke dalamnya untuk proses pemecahan makanan selanjutnya.

Setelah makanan halus, proses selanjutnya yaitu menelan makanan agar masuk ke dalam kerongkongan, dan menuju lambung yang dibantu oleh air liur.

Fungsi mulut dalam berbicara

Mengenal Fungsi Mulut serta bagian-bagian Penting di dalamnya

(foto: adobestock)

Selain berfungsi sebagai sistem awal pencernaan, mulut juga kerap dikenal sebagai alat untuk berkomunikasi alias berbicara.

Dengan berbicara, kita bisa menjalin komunikasi dengan baik antar teman, keluarga, dan juga orang lain. Dengan demikian, kita bisa menyampaikan pendapat, aspirasi, serta mengubah perilaku, sikap dan juga sosial.

Untuk mengeluarkan suara, udara melewati pita suara terlebih dahulu yang terdapat di dalam laring. Selanjutnya, pita suara akan bergetar setelah terkena udara, sehingga akan mengeluarkan suara.

Tahap selanjutnya adalah membuat suara terdengar lebih jelas, yakni dengan cara menggerakkan bibir dan juga lidah. Jika ke dua organ tersebut tidak digerakkan, maka suara tidak akan bisa dihasilkan.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagian-bagian mulut dan fungsinya

dan fungsinya

(foto: istockphoto)

Mulut tidak hanya berupa rongga saja, melainkan ada beberapa bagian-bagian di dalamnya yang juga memiliki fungsi penting, terutama dalam proses pencernaan. Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bibir

Bagian utama dari mulut adalah bibir. Bagian ini memiliki otot bergerak yang berfungsi untuk membuka mulut saat sedang makan ataupun berbicara.

Tidak hanya itu, bibir juga memiliki peran dalam hubungan seksual. Saat berciuman bibir, maka seluruh tubuh akan terangsang dan aktivitas seksual dengan pasangan akan semakin berkualitas.

Bibir merupakan salah satu organ yang tidak bisa berkeringat karena ia tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh sebab itulah, bibir lebih cepat kering dibanding organ lainnya.

2. Rongga mulut

Bagian mulut inilah yang menjadi tempat dimana terjadinya pencernaan, sebab makanan yang kita makan akan masuk ke dalamnya terlebih dahulu.

Di dalam rongga mulut terdapat beberapa bagian pembentuknya seperti gusi, gigi, kelenjar ludah, dan tenggorokan, yang memiliki peran sama penting.

3. Lidah

Lidah merupakan bagian dari rongga mulut yang dibagi menjadi tiga, yakni akar lidah, badan lidah, dan ujung lidah.

Bagian rongga mulut ini memiliki otot rangka yang bisa digerakkan dan juga bersifat lentur. Hal ini dikarenakan lidah memiliki fungsi penting yakni mempermudah proses pengunyahan dan menelan makanan.

Selain itu, lidah juga membantu kita untuk merasakan makanan seperti manis, asin, asam, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, organ ini juga berfungsi untuk memperjelas suara yang dihasilkan oleh pita suara, sehingga suara yang keluar akan terdengar lebih jelas dan mudah dimengerti.

4. Gigi

Gigi merupakan salah satu jaringan tubuh yang memiliki tekstur paling keras seperti tulang dan berada di dalam rongga mulut.

Gigi dibagi menjadi empat jenis yaitu gigi seri, gigi taring, gigi premolar dan gigi molar. Sementara, menurut perkembangannya, organ bertekstur keras ini dibagi menjadi dua yakni gigi susu dan gigi dewasa.

Jumlah gigi pada orang dewasa yakni 32 buah yang dibagi menjadi dua bagian yakni 16 buah pada rahang kiri, dan 16 buah pada rahang kanan.

Dalam proses pencernaan, gigi berfungsi untuk mengunyah dan menghaluskan makanan. Oleh sebab itulah, perlu untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak mudah belubang agar bisa berfungsi dengan baik.

5. Gusi

Gusi merupakan bagian dari rongga mulut bertekstur lunak dan berwarna merah muda karena adanya pembuluh darah, serta terdiri dari jaringan mukosa.

organ ini berperan penting dalam melindungi tulang rahang dan akar gigi. Fungsi lainnya adalah untuk menopang gigi agar bentuknya sesuai.

Gusi yang tidak terjaga kebersihannya akan menimbulkan masalah seperti bengkak dan berdarah, bahkan bisa menyebabkan penyakit gingivitis.

6. Kelenjar ludah

Ketika kita merasakan adanya air di dalam mulut, itu disebut dengan air liur. Air liur sendiri dihasilkan oleh kelenjar ludah yang terletak di dalam rongga mulut. Kelenjar ludah dibagi menjadi tiga bagian yaitu kelenjar submandibular, kelenjar parotis, dan kelenjar sublingual.

Terdapat kandungan enzim di dalam air liur yang berperan sebagai pembersih rongga mulut dan membantu mempermudah makanan yang sudah dikunyah masuk ke dalam kerongkongan.

Akhir kata

Demikianlah beberapa fungsi mulut berserta bagian-bagian penting yang ada di dalamnya. Setelah mengetahui peran penting dari organ ini, sebaiknya kita harus selalu menjaga kesehatannya, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mulut yang mengalami masalah kesehatan, dapat menggangu sistem pencernaan, pernapasan, bahkan bisa membuat kita sulit untuk berbicara