9 Cara Menghilangkan Bruntusan, Bahan Alami hingga Kimia

Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa dibilang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, walau ukurannya kecil, tapi sekali datang langsung bersama pasukan, alias sangat banyak.

Umumnya, bruntusan paling banyak menyerang area kening atau dahi. Bruntusan sebenarnya sejenis jerawat, namun perbedaannya hanya terletak pada ukurannya saja.

Jika jerawat berukuran besar, ia justru lebih kecil namun dengan jumlah lebih banyak.

Selain itu, bruntusan juga dapat menimbulkan sensasi rasa gatal dan perih, terutama saat sedang berkeringat.

Tentu saja, hal tersebut membuat tidak nyaman. Apalagi, saat memakai make up, terkadang ia akan terlihat mencolok sehingga mengurangi nilai penampilan.

Menghilangkan bruntusan memang susah, namun ternyata ada beberapa cara yang dianggap ampuh bisa menghilangkan bruntusan, walau tidak secara instan.

Cara ini lebih banyak menggunakan bahan alami, jadi bisa dipastikan aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Selain itu, juga ada cara yang menggunakan bahan kimia, yang biasanya terdapat di dalam produk kecantikan.

Walaupun mengandung bahan kimia, namun masih terbilang aman karena penggunaannya dalam batas wajar. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bruntusan?

Baca juga: 8 Manfaat Jahe Merah, Menambah Stamina & Hilangkan Bau Mulut

1. Menggunakan madu dan kayu manis

(foto: istockphoto)

Madu dan kayu manis sama-sama memiliki manfaat untuk melezatkan makanan dan minuman, terutama untuk makanan penutup yang menyuguhkan rasa manis.

Akan tetapi, rupanya kedua bahan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk tambahan makanan saja, melainkan juga bisa dijadikan sebagai masker alami untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Hal ini dikarenakan, madu dan kayu manis mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat masker wajah dari bahan madu dan kayu manis adalah campurkan madu jenis manuka dengan kayu manis.

Hangatkan dengan microwave, pastikan jangan sampai terlalu panas. Kemudian, oleskan ke seluruh wajah seperti sedang menggunakan masker. Tunggu selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

2. Mengoleskan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit, terutama untuk menghilangkan masalah kulit di wajah seperti jerawat, komedo dan bruntusan.

Caranya, oleskan minyak zaitun secara langsung ke seluruh wajah. Pijat secara lembut sampai meresap ke dasar kulit. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara lainnya adalah campurkan minyak zaitun dengan produk perawatan kulit, seperti masker wajah.

Kemudian, oleskan pada bagian wajah yang bruntusan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengonsumsi teh hijau

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Kamu pasti sudah tahu manfaat teh hijau, bukan? Sebagian besar orang menggunakan bahan alami ini untuk program diet atau saat ingin menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi atau menggunakan teh hijau untuk perawatan tubuh dan kulit, salah satunya adalah menghilangkan bruntusan di wajah.

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan kotoran yang menumpuk di area bruntusan. Ia juga bisa menghancurkan sel-sel pemicu timbulnya masalah kulit tersebut.

Caranya, konsumsi teh hijau hangat setiap hari secara rutin. Atau, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah untuk memperoleh hasil secara signifikan.

4. Hilangkan bruntusan dengan lidah buaya

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Lidah buaya memmiliki ragam manfaat kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini seringkali digunakan sebagai masker rambut, yang dipercaya dapat menyehatkan dan melebarkan rambut.

Manfaat lain dari lidah buaya adalah mampu membantu menghilangkan bruntusan di wajah.

Menurut sebuah penelitian, kandungan gel atau lendir yang ada di dalamnya, mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.

Untuk menghilangkan bruntusan, kamu bisa menggunakan tanaman ini sebagai sebelum atau saat tidur. Caranya, oleskan gel lidah buaya ke seluruh wajah.

Esoknya, bilas dehs air bersih. Selain dapat menghilangkan bruntusan, memakai lidah buaya sebelum tidur juga bisa membuat wajah terasa lembab dan segar.

Baca juga: 10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

5. Menggunakan tea tree oil

Menggunakan tea tree oil

(foto: istockphoto)

Tea tree oil diyakini sangat mujarab dalam menghilangkan jerawat, tak heran jika banyak orang menggunakannnya untuk mengatasi masalah jerawat dan juga bruntusan.

Caranya, oleskan ekstrak tea tree oil ke bagian wajah yang mengalami bruntusan. Atau kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak esensial.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan tea tree oil hanya bagi orang yang tidak memiliki alergi terhadap kandungan bahan tersebut.

Jika memiliki alergi, sebaiknya jangan coba-coba menggunakannya karena akan menimbulkan efek samping seperti peradangan dan kemerahan pada wajah.

6. Jangan mengonsumsi susu secara berlebihan

Jangan mengonsumsi susu secara berlebihan

(foto: istockphoto)

Susu merupakan minuman yang mengandung nutrisi penting sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan tulang. Oleh sebab itu, minuman ini masuk ke dalam menu empat sehat lima sempurna.

Akan tetapi, bagi kamu yang memiliki masalah pada wajah seperti jerawat dan bruntusan, sebaiknya batasi jumlah asupannya setiap hari.

Sebab, susu mengandung IGF-1 yang dianggap bisa memicu timbulnya masalah kulit, khususnya bruntusan.

7. Mengontrol stres

Mengontrol stres

(foto: pexels/nathancowley)

Stres merupakan kondisi gangguan mental akibat terlalu banyak pikiran. Stres bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah bruntusan.

Menurut sebuah penelitian, stres bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat dan bruntusan di wajah.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu yang tidak ingin memiliki wajah bruntusan, untuk bisa mengontrol atau mengelola stres dengan baik.

8. Menggunakan produk asam salisilat

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Selain dengan menggunakan cara alami, kamu juga bisa menggunakan obat atau produk kecantikan yang terdiri dari bahan kimia untuk menghilangkan bruntusan.

Namun, sebaiknya gunakan produk yang sudah aman dan berlebel BPOM.

Asam salisilat dianggap mampu memecah bruntusan dan membuat sel-sel kulit mati mudah mengelupas. Selain itu, ia juga cukup ampuh dalam mengatasi masalah bruntusan di wajah.

Saat ini banyak produk yang menggunakan bahan kimia ini karena dianggap dapat memberikan hasil yang lebih cepat. Produk tersebut diantaranya, toner, serum, pelembab, serta krim wajah.

9. Melakukan perawatan di klinik kecantikan

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Cara paling ampuh menghilangkan bruntusan adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Cara ini memang bisa menghilangkan masalah kulit wajah.

Akan tetapi, hanya bagi kaum yang memiliki banyak uang. Mengapa demikian? Sebab, kamu perlu merogoh kocek tidak sedikit untuk melakukan perawatan ini.

Jika kamu berminat untuk menghilangkan bruntusan dengan cara ini, maka jangan asal memiliki klinik kecantikan. Pilihlah dokter atau dermatologis yang sudah terakreditasi agar perawatan yang kamu jalani tidak sia-sia.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah. Bruntusan bisa di cegah dengan cara menjaga dan merawat kebersihan kulit wajah.

Jangan lupa untuk membersihkan make up sebelum tidur dengan menggunakan produk pembersih dan juga cuci muka sampai bersih.

Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi. Sebab, salah satu pemicu timbulnya bruntusan adalah makanan berlemak yang dikonsumsi setiap hari.