Beda Peeling dan Exfoliating, Perawatan Kulit Agar Wajah Lebih Sehat

Agar wajah lebih sehat, tentunya banyak perawatan yang dibutuhkan. Peeling dan exfoliating adalah jenis perawatan kulit yang penting untuk wajah.

Keduanya dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit tampak lebih bersih, cerah, dan fresh. Tapi, terkadang masih banyak yang bingung dengan istilah peeling dan exfoliating.

Agar tidak salah dalam mengambil langkah perawatan kulit, sebaiknya pahami dulu manfaat dan perbedaan keduanya. Jadi apa saja beda perawatan kulit peeling dan exfoliating?

Baca juga: Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion saat Pakai Skin Care

Peeling

(foto: shutterstock)

Peeling adalah jenis perawatan wajah yang tujuannya mengangkat sel bagian terdalam kulit dan kemudian menggantinya dengan lapisan baru.

Pada umumnya, ada tiga jenis peeling yaitu peeling dangkal (superficial chemical peeling), peeling sedang (medium chemical peeling), dan peeling dalam (deep chemical peeling).

Dengan perawatan peeling, maka wajah akan tampil lebih baik karena pori-pori tersamarkan dan skin care pun meresap sempurna.

Peeling akan memberi efek kulit mengelupas. Reaksi dari formula yang ada pada produk peeling bekerja mengikiskan lapisan kulit wajah untuk digantikan ke sel-sel yang lebih sehat. Peeling cukup diaplikasikan satu kali dalam seminggu di malam hari.

Sebelum perawatan, pastikan kalau wajah sudah dibersihkan dengan sabun muka. Sebenarnya, agar lebih aman peeling bisa dilakukan oleh dermatologis atau dokter kulit di klinik kecantikan.

Exfoliating

Beda Perawatan Kulit Peeling dan Exfoliating, Agar Wajah Lebih Sehat

(foto: pinterest)

Exfoliating adalah proses untu meluruhkan sel-sel kulit mati yang berasal dari lapisan kulit paling luar. Tujuannya adalah menjaga kulit wajah tetap bersih dan tidak terlihat kusam.

Exfoliating juga  berguna untuk menghilangkan kotoran seperti sisa make up yang menempel di pori-pori dan menjadikan tekstur kulit tampak lebih halus. Untuk perawatan exfoliating bisa menggunakan chemical exfoliant atau physical exfoliant.

Chemical exfoliant bisa membuat sel kulit mati terkikis, dan ini juga merupakan proses peeling. Agar lebih aman, kamu bisa berkonsultasi pada dermatologis untuk memilih chemical exfoliant yang sesuai kebutuhan kulit.

Kalau untuk physical exfoliant, bisa gunakan scrub, sponge, atau kapas. Perawatan exfoliating cocok untuk yang kulitnya telah mengalami masa penuaan.

Baca juga: Mengenal Dark Circle, Eye Bags, Puffy Eyes, dan Apa Bedanya

Ada yang perlu diperhatikan sebelum perawatan peeling dan exfoliating

Beda Perawatan Kulit Peeling dan Exfoliating, Agar Wajah Lebih Sehat

(foto: curiosanddream)

Sebelum melakukan peeling dan exfoliating, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Memang untuk kulit yang berbeda, maka berbeda juga perawatannya. Karena menyangkut sel kulit bagian dalam, peeling tidak semestinya dilakukan sembarangan.

Ada hal-hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menjalani proses peeling. Sebelumnya, dokter perlu memeriksa tentang riwayat kesehatan kulit.

Proses ini penting untuk mengetahui adakah penyakit kulit yang pernah diderita, baik karena infeksi virus, bakteri, atau turunan.

Begitu juga dengan exfoliating yang bukan sekadar menggosok bagian kulit wajah yang dirasa kotor, tapi juga harus perhatikan kondisi sebelum dan sesudah melakukannya.

Waktu untuk exfoliating lebih disarankan di malam hari karena menghindari iritasi sinar matahari. Untuk kulit yang sensitif, disarankan untuk memilih produk perawatan dengan bahan alami.

Tentang karakteristik kulit mulai dari kelembapan, warna, dan ketebalan kulit juga diidentifikasi, agar bisa memilih jenis perawatan peeling yang tepat.

Antara peeling dan exfoliating memiliki tujuan akhir yang sama

Beda Perawatan Kulit Peeling dan Exfoliating, Agar Wajah Lebih Sehat

(foto: pinterest)

Peeling dan exfoliating terkesan mirip seperti satu paket, sama-sama meluruhkan kulit mati.

Peeling bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati di lapisan dalam, sedangkan exfoliating meluruhkan kulit mati dari lapisan kulit paling luar.

Istilah exfoliating merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati secara umum, dan peeling bisa dikatakan sebagai salah satu bagian exfoliating, yakni chemical exfoliant.

Keduanya memang punya tujuan akhir yang sama untuk membersihkan kulit dengan pengangkatan kulit mati. Exfoliating bisa dilakukan sendirian di rumah.

Sementara itu, peeling lebih aman kalau dilakukan bersama dermatologis di klinik. Antara peeling dan exfoliating, mana yang sudah pernah kamu lakukan?