Apa Itu BB Cream, Foundation, Concealer, dan CC Cream? Apa Bedanya

Ada banyak produk makeup yang dibutuhkan untuk memperbaiki tampilan wajah, misalnya BB cream, foundation, concealer, dan CC cream.

Terkadang bentuknya cukup mirip satu sama lain, tapi masing-masing produk punya fungsi berbeda. Penggunaannya bisa bermanfaat untuk menjadikan kulit tampak lebih halus dan menyamarkan noda hitam.

Tentunya akan berbeda kebutuhan untuk makeup sehari-hari yang ringan dan makeup pada momen tertentu yang tebal sekaligus flawless. Sebelum menggunakan, sebaiknya ketahui dulu bedanya masing-masing.

Jadi, apa perbedaan BB cream, foundation, concealer, dan CC cream?

Baca juga: Mengenal Istilah Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak Manusia

BB cream

(foto: tokyobeautybook)

BB cream adalah singkatan dari Beauty Balm atau Blemish Balm cream. BB cream terdiri dari krim alas bedak dan pelembap ringan yang cocok untuk tampilan sehari-hari dengan makeup yang masih terlihat natural.

Tekstur ketebalan BB cream berada di level medium, tapi tidak bisa menutup sepenuhnya pada bintik hitam atau bekas jerawat. Memiliki kandungan SPF, antioksidan, hyaluronic acid dan gliserin untuk pelembap.

Bisa dikatakan kalau BB cream adalah riasan all in one yang bisa dipakai pada kulit yang berjerawat. Sebaiknya pakai BB cream yang bebas minyak untuk kulit berjerawat.

Foundation

Beda BB Cream, Foundation, Concealer, dan CC Cream Alas Bedak

(foto: freebiemom)

Foundation adalah alas bedak, lapisan dasar, atau tahap awal dari makeup yang berfungsi menjadikan warna kulit lebih merata. Pemakaiannya ke seluruh wajah bisa menjadikan warna kulit tampak lebih flawless.

Bentuknya pun bisa macam-macam, mulai dari bubuk, cair, atau krim. Foundation menjadi bagian makeup yang penting karena bisa berpengaruh pada hasil riasan.

Sebaiknya warna foundation dipilih menyesuaikan tone kulit atau yang paling mendekati warna kulit asli, supaya tidak mencolok dibandingkan dengan warna leher.

Dengan foundation yang mirip warna kulit, tahapan makeup berikutnya akan lebih mudah.

Concealer

Beda BB Cream, Foundation, Concealer, dan CC Cream Alas Bedak

(foto: pinterest)

Concealer merupakan jenis kosmetik untuk menutup kekurangan pada wajah, misalnya bekas jerawat, pori-pori besar, lingkaran hitam, atau bintik hitam faktor usia. Kulit wajah yang warnanya tidak rata juga bisa diatasi dengan concealer.

Ada banyak warna concealer yang fungsinya juga beda-beda. Misalnya untuk menutup bintik hitam atau lingkaran gelap di bawah mata memakai concealer warna kuning.

Untuk menyamarkan bekas jerawat dan bintik-bintik merah bisa memakai concealer warna biru atau hijau. Untuk memberi efek shading di bagian terlalu terang bisa memakai concealer cokelat.

Kalau kamu mau pilih concealer dengan warna kulit yang tampak natural, pilih yang 1-2 shade lebih cerah dari warna kulit. Jadi wajahmu bisa tampil lebih cerah tapi tetap natural dan bintik hitam pun tersamarkan.

Baca juga: Beda Peeling dan Exfoliating, Perawatan Kulit Agar Wajah Lebih Sehat

CC cream

Beda BB Cream, Foundation, Concealer, dan CC Cream Alas Bedak

(foto: makeup))

Produk untuk alas wajah yang umum sejauh ini adalah foundation. Kemudian belakangan muncul BB cream, dan dilanjutkan dengan CC cream. Untuk sebagian orang, perbedaan CC cream dan BB cream tidak mudah dibedakan.

Lalu seperti apa CC cream? CC cream adalah kepanjangan dari Color Correcting cream yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari, vitamin C, antioksidan, dan peptide.

Sama seperti namanya, CC cream berfungsi membuat warna kulit lebih rata, tidak belang, dan menyamarkan noda bekas jerwat. Dibuat dengan tekstur yang tidak terlalu tebal dibandingkan dengan BB cream atau foundation.

Kalau kamu mau tampilan makeup yang lebih tebal, bisa dioleskan lebih banyak CC cream. Bisa juga dioleskan tipis sebelum memakai foundation.

Setelah tahu beda BB cream, foundation, concealer, dan CC cream, gunakan sesuai kondisi kulit kamu ya!

Beda BB Cream, Foundation, Concealer, dan CC Cream Alas Bedak

(foto: thecustombox)

Tren dalam kecantikan terus berkembang, sehingga banyak brand terus berinovasi dengan produk alas wajah yang terbaik.

BB cream termasuk pelembap ringan yang cocok untuk tampilan sehari-hari, tapi kalau untuk mengatasi warna kulit kusam, noda bekas jerawat atau warna kulit tidak rata bisa gunakan CC cream.

Lalu bagaimana dengan foundation dan concealer? Foundation pada dasarnya adalah alas bedak yang bentuknya cair atau padat dan teksturnya pekat, sedangkan concealer adalah krim untuk meratakan warna kulit.

Kandungan pigmen pada concealer lebih banyak dari foundation. Concealer tidak perlu dioleskan ke seluruh wajah sebagaimana foundation.

Kalau kamu hanya perlu menutup bekas jerawat atau moda hitam, bisa pakai concealer saja tanpa foundation.

Setelah mengetahui beda BB cream, foundation, concealer, dan CC cream, kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan kulit dan menerapkannya sesuai aturan pakai.