8 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Nomor 5 Gak Disangka

Salah satu perawatan kulit wajah yang tidak boleh dilupakan adalah masker. Perawatan wajah mingguan ini memang wajib dilakukan agar kulit wajah lebih sehat dan terawat.

Sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemukan masker, karena sudah banyak produk masker yang dijual di pasaran sehingga lebih praktis digunakan.

Tapi meskipun demikian, tidak sedikit juga orang-orang yang lebih senang menggunakan masker buatan sendiri dengan bahan alami.

Nah, bahan alami yang sering dibuat untuk masker yaitu putih telur. Sudah menjadi rahasia umum, putih telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Ada 8 manfaat masker putih telur nih. Penasaran apa saja manfaatnya?

Baca juga: Mengenal Kaldu Jamur, Pengganti Micin yang Baik untuk Kesehatan

1. Mencegah jerawat

(foto: unsplash/armedshutter)

Produksi minyak berlebih di wajah ternyata bisa menyumbat pori sehingga jerawat pun muncul.

Putih telur bermanfaat untuk menyerap dan bahkan mengurangi minyak di wajah sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Masker putih telur untuk mencegah timbulnya jerawat yaitu siapkan putih telur, 1/2 sdt madu dan 1/2 sdt air perasan lemon.

Setelah itu, aduk semua bahan hingga tercampur rata dan oleskan ke wajahmu. Tunggu sampai 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Mencerahkan kulit

8 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Nomor 5 Gak Disangka!

(foto: unsplash/sharonmccutcheon)

Siapa bilang kulit cerah itu susah didapatkan? Padahal hanya dengan menggunakan putih telur, 1 sdt air perasan lemon dan 1/2 sdt bubuk kunyit sudah membantu mencerahkan kulit wajah lho.

Kamu hanya perlu mecampur ketiga bahan tadi dan mengoleskannya ke wajah, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hangat.

Vitamin C yang ada di lemon bisa mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam, dan jika dicampur dengan putih telur tentunya manfaatnya akan bertambah.

3. Melembapkan

8 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Nomor 5 Gak Disangka!

(foto: unsplash/timromanov)

Kondisi kulit yang kering ternyata dapat mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus.

Yuk buat masker putih telur dengan campuran buah alpukat dan yogurt yang sangat bermanfaat untuk menghidrasi kulit sehingga kulit akan jauh lebih lembap dan terhindar dari kulit kering.

Oiya, untuk hasil yang maksimal sebaiknya gunakanlah alpukat yang matang.

4. Menghilangkan komedo

8 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Nomor 5 Gak Disangka!

(foto: pixabay/pezibear)

Nah, ini sudah menjadi rahasia umum bahwa putih telur mampu mengatasi blackhead atau komedo hitam.

Putih telur mengandung protein dan albumin yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori wajah sehingga komedo pun bisa teratasi.

Komedo di hidung sebenarnya bukan masalah kulit yang perlu di khawatirkan, tetapi bisa mengganggu penampilan.

Untuk menghilangkan komedo, kamu hanya perlu mengocok putih telur hingga kaku. Oleskan putih telur yang sudah dikocok tadi ke potongan tissu wajah dan tempelkan ke hidung.

Kamu bisa membuat 3 lapisan tissu agar masker lebih kuat saat mengangkat komedo. Tunggu sampai masker mengering dan lepaskan perlahan dan bilas hingga bersih. Ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: 5 Rahasia Cara Mengetahui Wajah Jodoh di Masa Depan

5. Menghilangkan bulu halus di wajah

8 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Nomor 5 Gak Disangka!

(foto: unsplash/amandadalbjorn)

Bulu halus di wajah memang cukup mengganggu untuk sebagian orang. Banyak orang yang mengira untuk menghilangkan bulu halus di wajah ini membutuhkan biaya mahal.

Padahal hanya dengan campuran putih telur, 1 sdm gula pasir dan 2 sdt tepung maizena sudah bisa menghilangkan bulu halus di wajah.

Campurkan kesemua bahan tadi dan oleskan ke bagian wajah yang terdapat banyak bulu halus. Diamkan hingga mengering dan lepaskan masker perlahan.

Memang sensasinya agak sakit, dan untuk mencegah iritasi bisa mengoleskan aloe vera gel ke bagian kulit yang menggunakan masker tadi.

6. Mengurangi minyak berlebih

Mengurangi minyak berlebih

(foto: unsplash/apieceofgold)

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama bahwa putih telur bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih di wajah sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak.

Kamu bisa menambahkan beberapa tetes air perasan lemon ke putih telur dan aduk hingga merata. Setelah itu oleskan ke bagian wajah yang berminyak seperti hidung, dahu dan pipi.

7. Mengatasi kerutan

Mengatasi kerutan

(foto: unsplash/krivitskiy)

Putih telur mengandung kolagen sehingga meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan seperti kerutan.

Bahan-bahan yang kamu perlukan yaitu putih telur, 1 sdt minyak jarak dan 1 sdt aloe vera gel. Campur semua bahan dan kocok hingga berbuih dan oleskan ke wajah.

8. Meredakan kulit sensitif

Meredakan kulit sensitif

(foto: pexels/sorashimazaki)

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti terbakar sinar matahari, mengonsumsi makanan tertentu dan lain sebagainya.

Meredakan kulit sensitif ternyata bisa kamu lakukan dengan campuran putih telur, 1 sdt madu, 1 sdt yogurt tawar dan 1 sdt jus timun.

Caranya sama dengan masker putih telur lainnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan mengoleskannya ke wajah, lalu diamkan selama 20 menit.

Jadi hanya dengan putih telur dan menambahkan beberapa bahan lain, kamu sudah bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

Ternyata putih telur banyak sekali ya manfaatnya untuk kulit.